Tuesday, July 14, 2009

Etika Golf dan Bagaimana Bertindak..

Olah raga Golf mempunyai tata-perilaku (code of conduct)-nya sendiri, dan apa-apa yang Anda dapat atau tidak dapat lakukan agar dapat "diterima" di lapangan. Kebanyakan dari prosedur perilaku ini menyangkut tindakan yang patut dari satu pegolf kepada pegolf yang lain, dengan harapan akan diperlakukan sama oleh yang lain. Di bawah ini tercantum daftar tentang Perangkat Peraturan Golf Emas, tentang hal apa saja sebaiknya dilakukan seorang pegolf untuk bersahabat dengan permainan Golf dan menjadi rekan main yang mempunyai timbang-rasa pada sesama di kelompoknya.

Anda hendaknya:

  • Meninggalkan lapangan tersebut dalam keadaan yang lebih baik setelah selesai main daripada ketika Anda menemukannya, seperti misalnya memperbaiki sebanyak mungkin bekas jatuhan-bola (ball marks) dan mengangkat sampah-sampah lepas di lapangan.

  • Jangan bergerak dan janganlah berbicara ketika pemain lain sedang melakukan pukulannya, dan jangan berada pada garis pandang atau sudut penglihatannya.

  • Hindari membiarkan bayangan Anda jatuh pada garis putt atau bola pemain lain yang sedang memainkan pukulannya.

  • Bersiaplah untuk memukul di tee pada saat giliran Anda, tetapi tunggulah sampai pemain sebelumnya selesai melakukan pukulannya, bola telah berhenti bergulir, dan dia sudah meninggalkan tempat tersebut.

  • Pakailah akal sehat kapan sudah waktunya Anda melakukan pukulan jika kelompok di depan berada tidak terlalu jauh dari Anda. Jika pemain-pemain tersebut sudah di luar jangkauan bola Anda saat mereka melakukan putt di atas green, jangan tunggu sampai mereka sudah keluar green sebelum memainkan pukulan approach Anda. Tetapi sebaliknya, tunggulah sampai mereka sudah meninggalkan area mendaratnya (landing area) bola Anda.

  • Jangan sekali-kali dengan sengaja memukul bola ke arah kelompok lain. Jika hal tersebut terjadi dengan tidak sengaja, ingatlah untuk selalu berteriak “FORE!” dengan segera dan lantang.

  • Perbaikilah segala kerusakan yang terjadi atas green maupun fairway, seperti misalnya bekas-jatuhan-bola atau divot-divot, dan rapihkanlah bunker setelah selesai. Meskipun demikian, Anda tidak boleh memperbaiki bekas paku-sepatu atau merapihkan bunker sebelum Anda selesai bermain di lokasi tersebut. Bekas jatuhan-bola di atas green dapat diperbaiki setiap saat.

  • Bermainlah tanpa menunda-nunda permainan dan selalu siap bermain ketika tiba giliran Anda untuk main. Suatu ronde 18 hole seharusnya dapat diselesaikan tidak lebih dari empat jam, dengan beberapa pengecualian.

  • Biasakanlah membatasi ayun-latih Anda, satu untuk setiap pukulan.

  • Jangan biarkan kelompok di depan Anda meninggalkan kelompok Anda lebih dari setengah lubang. Jika kenyataannya kelompok Anda tidak mampu menempel ketat dengan kelompok di depan, dan kalian merasa diuber-uber kelompok belakang, biarkanlah pemain-pemain yang lebih cepat itu mendahului. Kelompok yang lamban seyogianya cukup tanggap untuk membiarkan kelompok yang lebih cepat mendahului. Tempat terbaik untuk membiarkan mendahului adalah di par-3. Dengan kelompok Anda di atas green, markahilah bola-bola kalian, berdirilah di pinggir, kemudian beri sinyal kelompok belakang untuk memainkan pukulan tee mereka. Selesaikan lubang saat mereka mendekati lubang, atau tunggu mereka menyelesaikan lubang tersebut, sebelum kalian meneruskan permainan.

  • Tataplah dengan seksama semua pukulan yang Anda lakukan dan perhatikan berhentinya bola. Bilamana Anda memukul bola melenceng; pakailah suatu area yang dapat dijadikan tanda (landmark), misalnya pohon atau semak, untuk menandai di mana kira-kira bola Anda berhenti. Terlalu sering seorang pemain memalingkan mukanya setelah memainkan pukulan yang buruk dan dia tidak tahu di mana bolanya berhenti bergulir. Kemudian mereka membuang banyak waktu berburu bolanya. Jika Anda sedang memperhatikan pemain lain melakukan pukulannya, awasilah juga dimana bolanya berhenti, sehingga lebih dari dua orang (pemain dan caddienya) dapat membantu mencari bola melenceng tersebut.

  • Jika Anda pemain pemula, maka bermainlah ketika lapangan sedang kurang padat. Teleponlah golf shop untuk melihat apakah lapangan sedang sibuk dan padat. Mereka dapat memberi tahu Anda kapan waktu lapangan paling sepi pemain. Anda akan lebih menikmati permainan jika Anda tidak merasa diburu-buru atau ditekan pemain-pemain yang lebih baik.

  • Pastikanlah tidak ada orang lain disekitar Anda sebelum melakukan ayunan, pukul-latih ataupun pukulan sebenarnya. Jangan memperkirakan semua orang tahu apa yang Anda ingin lakukan. Jika Anda ingin melakukan ayun-latih (practice swing), jangan lakukan dekat kerumunan orang banyak. Menjauhlah dan semua orang akan merasa lebih aman. Anda bisa mengakibatkan kotoran beterbangan ke arah mereka, atau pada keadaan yang hampir tidak mungkin terjadi, klab lepas dari grip Anda atau kepala klab lepas dari tangkainya. Pastikanlah Anda mempunyai area bebas di depan maupun di belakang Anda sebelum melakukan ayunan.


Oleh: Cliff Schrock, Rules of Golf Applied
Alih bahasa: Ray Hindarto

0 comments: